Prinsip Prinsip Fundamental Kepemimpinan yang Efektif

1. VISI- Pendorong kepemimpinan dalam memberikan visi yang menginspirasi. Visi memberikan Anda arah, kemampuan melihat apa yang seharusnya dan berperan sebagai motivasi tujuan yang memberikan hasil yang memuaskan.
2. PERCAYA HAL YANG BENAR -” Percaya” adalah kata kerja yang artinya untuk bertindak. Saat Anda benar-benar percaya, Anda bertindak seperti impian Anda dan tindakan tersebut akan melewatinya. Apa yang Anda percayai dalam diri Anda menentukan apa yang Anda harapkan, dan apa yang Anda harapkan menentukan bagaimana Anda akan bertindak. Jika Anda mengharapkan kegagalan, tentu akan gagal. Jika Anda berharap sukses, tentu akan demikian.
3. MENENTUKAN TUJUAN – Tidak cukup hanya dengan memiliki visi, tujuan harus ditetapkan untuk mencapai tujuan.
4. MEMBANGUN TIM KEPEMIMPINAN – Memberikan platform untuk komunikasi/interaksi, saling kepercayaan dan respek, utilisasi potensi dan pendelegasian fungsi.
5. PENGEMBANGAN DIRI – Setiap calon pemimpin sukses harus mengembangkan minat terhadap kepemimpinan, membaca buku-buku yang berorientasi pada kesuksesan, mengembangkan ketrampilan kerja baru, mencari pengetahuan.
6. MEMIKUL TANGGUNG-JAWAB – Bertanggung jawab pada pengikut Anda, menginvestasikan pengembangan personal. Mengembangkan minat pada kesejahteraan mereka dan siap memberikan solusi pada masalah yang muncul.
7. INTEGRITAS- Integritas adalah mutu menjadi jujur dan memiliki prinsip moral yang kuat. Anda tidak akan pernah melahirkan kepercayaan pada bawahan dan pengikut Anda jika Anda tidak memiliki prinsip moral.
8. SIKAP- Jangan terlalu kaku/keras pada orang lain agar mudah bergaul. Alih-alih mengembangkan sikap membantu, menjadi seorang pengamat, bukan karena Anda harus demikian, tapi karena Anda bersedia; bukan menguasai mereka yang mempercayai Anda, tapi menempatkan diri Anda sebagai contoh untuk diikuti.
9. PENGARUH- Untuk mempengaruhi orang lain hanya dengan memiliki efek pada cara mereka bersikap atau berpikir, terlebih dengan memberikan mereka contoh untuk diikuti. Untuk mencapainya:
(a) Anda harus kuat dan berani.
(b) Mengembangkan disiplin diri.
(c) Memikul posisi sebagai mentor.
(d) Memiliki kebijakan personal yang jelas.
10. HUBUNGAN- Hidup tidak dibangun atas akuisisi dan pencapaian, tapi dibangun atas hubungan. Jadi upayakan untuk membuat hubungan Anda selalu baik. Terbuka pada pangdangan orang lain dan hindari memberikan ruang untuk salah paham. Belajar mentoleransi kritikan dan melakukan perbaikan jika perlu. Ingatlah, tanpa orang lain, kepemimpinan tidak ada artinya.
11. FAKTOR BAIK. – Betapapun beratnya masalah, jangan melupakan komitmen Anda pada Sang Pencipta.

About these ads