KESAMAPTAAN JASMANI BAGI PRAJURIT DENHUBREM 142

YKAPOTA : Tes kesamaptaan Jasmani adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kekuatan stamina dan ketahanan fisik prajurit TNI-AD. Tes ini dilakukan secara periodik setiap 6 bulan sekali. Bagi prajurit TNI-AD, tes ini sangat menentukan kariir prajurit karena saat ini tes kesamaptaan sangan menentukan dalam UKP (usul kenaikan pangkat), seleksi prajurit yang akan pendidikan, prajurit yang sedang pendidikan dan seorang perwira yang akan menduduki jabatan baru, dengan kriteria batas minimal prajurit dan perwira yang bukan jabatan komandan nilai minimal 61 dan perwira yang jabatan komandan nilai minimal 65.
Pembinaan fisik dalam menghadapi kesamaptaan jasmani bagi prajurit Denhubrem 142 mengacu pada program-program dari Komando atas dan dilaksanakan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut. Pembinaan dilaksanakan meliputi aerobik rutin tiap hari Selasa dan Kamis serta lari siang setiap hari.
Program pembinaan fisik dilaksanakan secara serius sehingga dapat dilihat dari hasil nilai yang merata dan maksimal masing masing prajurit Denhubrem 142 dalam pelaksanaan kesamaptaan jasmani periodik maupun kesamaptaan untuk UKP. Yang lebih membanggakan bagi prajurit Denhubrem 142 selalu mendapat kepercayaan dan kehormatan untuk mewakili Hubdam VII/Wrb dalam setiap even-even yang melombakan kesamaptaan Jasmani diantaranya :
1.        Lomba Hubad tersebar setiap tahun
2.     Lomba Binsat Satpur, Banpur dan Disjan Balakdam tingkat Kodam VII/Wirabuana dengan meraih peringkat 4 setelah Yonif 700/R, Yonkav 10/Serbu dan Yonzipur 8/Smg
3.        Lomba Binsat antar satuan dijajaran Korem 142/Ttg dengan meraih Juara 2 setelah Kodim 1421/Pangkep.
Keberhasilan dalam mencapai kesamaptaan jasmani secara maksimal tidak terlepas dari peran Dandenhubrem 142 dan perwira staf yang selalu mengarahkan dan memotifasi seluruh prajurit Denhubrem 142 untuk lebih semangat dan serius dalam melaksanakan program pembinaan  kesamaptaan jasmani ditunjang dengan kesadaran para prajurit Denhubrem 142, akan pentingnya pembinaan kesamaptaan jasmani secara teratur dan terprogram. Dengan kemampuan kesamaptaan jasmani yang selalu maksimal maka prajurit Denhubrem 142 diharapkan dapat melaksanakan tugas pokoknya sebagai prajurit perhubungan yang handal dan prefesional sesuai motto Cigra Apta Nirbaya (Tepat Cepat Aman).
Beberapa item yang dinilai dalam tes kesamaptaan Jasmani, yaitu :
1. Lari selama 12 menit.     Adalah lari mengelilingi lapangan sepak bola yang berukuran standar 400 meter minimal 7 keliling dengan jarak tempuh 2800 meter.
2. Pull Up.     Adalah bergantung pada tiang horizontal kemudian menarik badan keatas sampai dagu melewati tiang itu dan kembali turun sampai tangan lurus, lakukan sebanyak 18 kali dengan gerakan yang sempurna nilainya 100.
3. Sit Up.        Adalah gerakan duduk-bangun. Posisi tangan dianyam di belakang kepala. Ketika bangun hidung sampai mencium lutut dan salah satu siku masuk diantara lutut.pada saat terlentang kedua siku menyentuh lantai, gerakan ini minimal 43 nilai 100, gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit.
4. Push Up.   Adalah gerakan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan ujung kaki. Saat turun badan tidak menyentuh tanah, dan pada saat naik tangan kembali lurus. Lakukan gerakan secara sempurna sebanyak 41 kali nilai 100, gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit.
5. Shuttle Run (lari angka 8) adalah lari membentuk angka 8 diantara 2 buah tiang yang berjarak 10 meter sebanyak 3 kali sampai kembali ke tempat start semula. Tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta, waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik.
Berlatih dengan rutin dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal. Selamat berlatih dan semoga sukses bersama anda !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s